-->

Header Menu

Alasan Pemerintah Menunda Sekolah Tatap Muka, Inilah Daftar Daerah yang Menuda STM

Pemerintah melalui kementrian Pendidikan dan kebudayan(Kemendikbud) resmi membatalkan Pembelajaran Tatap Muka pada Tahun Ajaran 2020-2021.

Hal ini ditegas Nadiem Makarim terkait rencana sekolah tatap muka pada Januari 2021 ini nampaknya belum akan diterapkan di sejumlah daerah. Pasalnya, penyebaran COVID-19 yang masih cukup tinggi membuat pemerintah memutuskan menunda lagi pembukaan sekolah.

Baca Juga: Buruan Ikutan Beasiswa SejutaCita Bisa Dapat Uang Saku 5 Juta! Cek Persyaratannya Disini

Ditambah masih banyaknya daerah-daerah yang belum siap melakukan Sekolah Tatap Muka(STM).

Dirangkum Mediapakuan dari berbagai sumber, Berikut daerah-daerah yang belum seiap melaksanakan STM.

Hasil pemeriksaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ada 49 sekolah yang tersebar 21 Kabupaten/Kota di delapan provinsi di Indonesia termasuk Jawa Bengkulu dan Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Buruan! Seleksi PPPK 2021 akan Segera Digelar, Ini Syarat dan Alur Pendaftarannya

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan KPAI, hanya 16,32 persen sekolah yang siap melakukan pembelajaran tatap muka.

Padahal, berdasarkan SKB empat menteri terbaru, pemerintah pusat membolehkan daerah untuk kembali membuka sekolah tanpa memperhitungkan zonasi risiko Covid-19 mulai Januari 2021.

Berikut Daerah yang menunda pembelajaran STM semester genap 2020-2021

DKI Jakarta

Ibu Kota DKI Jakarta masih memiliki penyebaran corona yang tinggi. Imbasnya, Pemprov DKI tetap memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk seluruh sekolah di Jakarta pada semester baru ini.

Kabupaten Karawang

Penyebaran Corona di Karawang, Jawa Barat, juga masih tinggi. Hal ini membuat Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memutuskan tidak membuka kegiatan sekolah tatap muka.

"Ya kemungkinan besar ya sama (tidak membuka tatap muka) jadi apalagi sekarang lonjakannya cukup sangat tinggi ya dan sekarang ada klaster staf pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Karawang jadi ini juga 18 orang walaupun itu staf," ujar Cellica.

Baca Juga: Kemendikbud Resmi Batalkan Rencana Sekolah Tatap Muka Januari 2021, Kekhawatiran Nadiem Makarim dan Ahli Epidemiologi Soal Hal Ini Jadi Alasannya

Kota Depok

Pemerintah Kota Depok mengurungkan niatnya untuk menggelar sekolah tatap muka pada Januari 2021. Alasannya, kasus penularan COVID-19 di Depok masih fluktuatif dan cenderung masih tinggi.

"Kami belum berani memerintahkan sekolah membuka tatap muka pada semester dua tahun depan," ujar Kepala Dinas Kota Depok M. Thamrin.

Thamrin menegaskan pembatalan sekolah tatap muka dilakukan demi menyelamatkan peserta didik, khususnya siswa yang belajar di sekolah.

Dalam Surat Edaran (SE) nomor 420/621-Huk/Disdik tentang Pembelajaran Semester Genap tahun Ajaran 2020/2021 Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Kota Depok, diatur masa Belajar Dari Rumah (BDR) akan dimulai pada 11 Januari hingga 25 Juni 2021.

Baca Juga: Kemendikbud Resmi Batalkan Sekolah Tatap Muka Tahun Ajaran 2020-2021 Pada Januari 2021

Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut memutuskan menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Keputusan itu tertuang dalam surat edaran bernomor 445/0017480 yang ditujukan kepada Bupati/Wali Kota terkait antisipasi peningkatan COVID-19 di daerah-daerah di Jawa Tengah.

"Ya kita tunda dulu karena semuanya belum pasti," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya.

Dalam surat edaran itu, disampaikan terkait penundaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada satuan pendidikan PAUD hingga Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di seluruh wilayah Jawa Tengah, khususnya daerah dengan peningkatan kasus COVID-19 yang tinggi

Baca Juga: Jadi Benteng Negara! Rekrutmen Bintara PK TNI AL 2021 Dibuka, Cek Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menunda sekolah tatap muka hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Padahal, sebelumnya Pemkot sempat berencana membuka lagi sekolah pada Senin (4/1) besok.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran 420/5805-Disdik tentang Penundaan Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Baca Juga: Token Listrik Gratis PLN 2021 Dimulai 7 Januari 2021, Berikut Inilah Cara Mendapatkannya

Denpasar

Pemerintah Kota denpasr memutuskan untuk menunda sekolah tatap muka hingga Maret 2021.

Terkait dengan masih tingginya kasus corona didaerah tersebut.

Jayapura

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura pun rencana pemerintah tetang sekolah tatap muka pada Januari pihaknya masih akan melakukan konsolidasi.

Hal ini dikarena penyebaran virus corona masih cukup tinggi di daerah Jayapura.

Nah, bagaimana dengan daerahmu apa sudah siapkah ?

Sumber : mediapakuan.pikiran-rakyat.com

0 Response to "Alasan Pemerintah Menunda Sekolah Tatap Muka, Inilah Daftar Daerah yang Menuda STM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel