-->

Header Menu

SIMAK! Hanya 3 Kriteria Ini yang Diperbolehkan Ikut Seleksi PPPK 2021

Pendaftaran seleksi PPPK 2021 akan segera dibuka. Untuk tahun 2021, para guru honorer termasuk kategori 2 (eks- Tenaga Honorer Kategori 2) juga diperbolehkan untuk mendaftarkan diri.


Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 secara khusus dibuka untuk memenuhi kebutuhan guru PPPK di sekolah negeri yang mencapai 1 juta guru.

Baca Juga :  Kabar Gembira ! Nadiem Ubah Lagi Metode Perhitungan Dana BOS , Simak Selengkapnya

Nantinya, guru honorer yang lolos seleksi PPPK 2021 akan langsung mendapatkan status pegawai sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca Juga: Guru Honorer Yang Mengabadi lama Diangkat Jadi PNS Tanpa Perlu Tes Sertifikasi

Agar bisa lolos seleksi PPPK 2021, setiap guru yang melamar harus termasuk ke dalam minimal satu dari tiga kriteria yaitu:

Kriteria Pelamar Seleksi PPPK 2021

1. Merupakan guru honorer di sekolah negeri atau swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau guru PPPK tahun sebelumnya.

2. Guru yang melamar seleksi PPPK 2021 harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

3. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini sedang tidak mengajar diperbolehkan untuk mengikuti seleksi PPPK 2021.

Baca Juga: Cek NIK KTP untuk Dapat Cairkan Bansos BPNT Rp200 Ribu Bulan Februari 2021, Iniloh Caranya!

Tercatat bahwa jumlah kebutuhan guru PPPK lebih besar ketimbang guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini sedang mengajar di berbagai sekolah negeri.

Adapun beberapa kebijakan yang ditetapkan dalam seleksi PPPK 2021 adalah sebagai berikut:

1. Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi. Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK dengan batas maksimal penerimaan sebanyak satu juta guru. Agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru PPPK, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak mungkin sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Baca Juga: Kabar Gembira Di Kabulkan, Gaji Guru Honorer Di naikan 2,8 Juta Perbulan Flat Berkat Perjuangan

2. Setiap pelamar dalam seleksi PPPK 2021 diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal dalam kesempatan pertama, pendaftar diperbolehkan untuk mengulang kembali ujian hingga dua kali di tahun yang sama atau di tahun berikutnya.

3. Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi PPPK 2021.

4. Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji seluruh peserta yang lulus seleksi guru PPPK 2021.

Baca Juga: 7 Bansos Pemerintah Tahun 2021 yang Masuk Anggaran PEN, Simak Penjelasan Menkeu Sri Mulyani

5. Biaya penyelenggaraan ujian seleksi PPPK 2021 sepenuhnya ditanggung oleh Kemendikbud.

Itulah tiga kriteria peserta yang diperbolehkan mendaftar seleksi PPPK 2021 serta kebijakan seleksi yang ditetapkan pihak Kemendikbud.

Sumber : fixindonesia.pikiran-rakyat.com

0 Response to " SIMAK! Hanya 3 Kriteria Ini yang Diperbolehkan Ikut Seleksi PPPK 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel