-->

Header Menu

UJIAN PPPK Fokus pada Kompetensi, Disiapkan 150 Soal, Dirjen GTK Beri Bocoran CARA LULUS untuk Guru Honorer

Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengimbau para guru honorer K2 maupun nonkategori tidak perlu takut menghadapi ujian PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), yang ditargetkan Maret-April 2021. 


Ujian PPPK lebih dititikberatkan pada kompetensi bidang atau teknis sehingga berhubungan erat dengan aktivitas guru-guru. 

"Ujian PPPK ini berbeda dengan ujian CPNS. Ujian CPNS lebih sulit karena ada seleksi kompetensi dasar, di samping seleksi kompetensi bidang," kata Dirjen Iwan yang dihubungi JPNN.com baru-baru ini. 

Dia menyebutkan, materi ujian PPPK terdiri dari kompetensi teknis (sesuai mata pelajaran), tes bakat skolastik (penalaran), manajerial, sosio-kultural, pertanyaan wawancara yang dijawab tertulis. 

Baca Juga :  Kabar Gembira ! Nadiem Ubah Lagi Metode Perhitungan Dana BOS , Simak Selengkapnya

Untuk kompetensi teknis ini masing-masing peserta mendapatkan 50 butir soal dengan waktu 60 menit. Tes penalaran 40 butir soal waktu 60 menit.  

Tes manajerial 30 soal dengan waktu 25 menit, sosio-kultural 20 butir soal dikerjakan selama 15 menit, dan pertanyaan wawancara 10 soal dengan waktu 10 menit. 

"Materi ujian PPPK terdiri dari 150 soal kompetensi teknis, penalaran, manajerial, sosio-kultural, pertanyaan wawancara. Dikerjakan selama 170 menit," terangnya. Sedangkan bobot penilaian, Iwan menjelaskan, untuk kompetensi teknis dan penalaran 60 persen. 

Baca Juga : Terima Kasih Pak Moeldoko, Perjuangkan Penuh Nasib Guru Dan Tenaga Kependidikan Honorer, KEPPRES Sudah Di Depan Mata !

Baca Juga : Alhamdulillah Bun, Dinas Pendidikan Cairkan Insentif Bagi Guru Tidak Tetap (GTT), Cek Syaratnya ya

Untuk manajerial, sosio-kultural, dan pertanyaan wawancara bobotnya 40 persen. 

"Kompetensi teknis dan penalaran lebih tinggi bobotnya karena sesuai mata pelajaran yang diajarkan gurunya. Kalau gurunya melaksanakan tugas mengajarnya dengan baik, insyaallah bisa menjawab," tuturnya. 

Dia menambahkan, Februari ini, Kemendikbud akan memberikan materi pembelajaran bagi para guru honorer agar bisa melakukan simulasi secara online. Sedangkan mengenai waktu pelaksanaan ujian, Iwan mengungkapkan masih terus membahas bersama Panselnas. 

Baca Juga: Kabar Gembira Di Kabulkan, Gaji Guru Honorer Di naikan 2,8 Juta Perbulan Flat Berkat Perjuangan

Targetnya Maret dan paling lambat April mendatang. 

"Kami sih berharap bisa berjalan sesuai rencana mengingat kebutuhan guru makin besar karena adanya guru PNS yang pensiun," tandasnya. 

Ketua Panselnas Bima Haria Wibisana juga mendukung upaya Kemendikbud tersebut. Panselnas menargetkan paling lambat April sudah digelar seleksi PPPK. Ini agar tidak bertabrakan dengan rekrutmen CPNS yang rencananya digelar Juni 2021.(esy/jpnn)

Baca Juga : Kabar Baik ! Ada Insentif 1 Juta Khusus Guru Honorer Madrasah Yang Terdaftar Di Simpatika, Alhamdulillah

Baca Juga : Cek Rekening Bun! Ada Insentif Sejumlah 6 Juta Khusus Untuk Guru Honorer Yang Terdaftar Di Dapodik

Artikel ini telah tayang dengan judul "UJIAN PPPK Fokus pada Kompetensi, Disiapkan 150 Soal, Dirjen GTK Beri Bocoran CARA LULUS untuk Guru Honorer"

0 Response to "UJIAN PPPK Fokus pada Kompetensi, Disiapkan 150 Soal, Dirjen GTK Beri Bocoran CARA LULUS untuk Guru Honorer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel