-->

Header Menu

Wajib Disimak Seluruh Guru, Ini Dia 4 Penentu Siswa Naik Kelas pada 2021, Aturan Terbaru Mendikbud !

Mendikbud Nadiem Makarim menyebutkan, ada empat penentu siswa bisa naik kelas dalam ujian akhir semester (UAS) sekolah. 

Pertama, portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, misalnya penghargaan dan hasil perlombaan. "Kedua, penugasan.

Baca Juga :  Ujian Nasional 2021 Resmi Dihapus, Ini 4 Opsi Pengganti UN sebagai Syarat Kelulusan

Ketiga, tes secara luring atau daring," kata Nadiem dalam SE Mendikbud, melansir laman Kemendikbud, Jumat (5/2/2021). 

DOWNLOAD Surat Edaran (SE) No. 1 tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional DISINI

Keempat, bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh sekolah. Menurut Nadiem, UAS untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna. 

"Dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh," sebut Nadiem. Tidak ada ujian nasional Dalam SE itu, Nadiem juga meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan pada 2021. 

Baca Juga : Kemendikbud Tetapkan 4 Penentu Siswa Naik Kelas 2021

Baca Juga: Surat Edaran Penghapusan Ujian Nasional Dirilis Kemendikbud, Ini 8 Poin Utama

"Keputusan meniadakan UN dan ujian kesetaraan karena berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat," ucap Nadiem. Untuk itu, kata Nadiem, memang perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin siswa, guru, dan tenaga kependidikan. 

 Dengan ditiadakannya ujian nasional dan ujian kesetaraan tahun 2021, keduanya tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Baca Juga : SKB 3 Menteri: 6 Keputusan Utama Pakaian Seragam di Sekolah Negeri

Baca Juga :  SKB 3 Menteri: Sekolah Negeri Tak Boleh Wajibkan/Larang Seragam Khusus Agama

Syarat kelulusan ujian nasional Nadiem mengaku, ada tiga hal yang menjadi persyaratan kelulusan siswa dari sekolah. Pertama, siswa harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Kedua, siswa memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Ketiga, siswa harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh sekolah. Ujian yang diselenggarakan sekolah dalam empat bentuk: Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, misalnya penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya. 

Baca Juga : Terima Kasih Pak Moeldoko, Perjuangkan Penuh Nasib Guru Dan Tenaga Kependidikan Honorer, KEPPRES Sudah Di Depan Mata !

Baca Juga : Alhamdulillah Bun, Dinas Pendidikan Cairkan Insentif Bagi Guru Tidak Tetap (GTT), Cek Syaratnya ya

Penugasan. Tes secara luring atau daring. Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh sekolah. Baca juga: SE Mendikbud: 2 Ketentuan Penerimaan Siswa Baru Masa Pandemi Covid-19 Nadiem menambahkan, selain ujian yang diselenggarakan sekolah, penentu kelulusan siswa SMK bisa mengikuti uji kompetensi keahlian, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Artikel ini tayang  dengan judul Wajib Disimak Seluruh Guru,  Ini Dia 4 Penentu Siswa Naik Kelas pada 2021, Aturan Terbaru Mendikbud !

0 Response to "Wajib Disimak Seluruh Guru, Ini Dia 4 Penentu Siswa Naik Kelas pada 2021, Aturan Terbaru Mendikbud !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel